Cara Membuat Topologi Bus Menggunakan Cisco Packet Tracer

Wednesday, February 20, 2019 : 2/20/2019

0 komentar

Topologi-Bus

Assalamualaikum

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah membagikan cara membuat topologi star menggunakan cicso packet tracer, kali ini saya akan membagikan cara membuat topologi Bus menggunaknan cisco packet tracer. Apa yang dimaksud dengan Topologi Bus?

Topologi Bus adalah suatu metode untuk menghubungkan dua perangkat komputer atau lebih dengan menggunakan kabel tunggal dan akan terjadinya  hubungan client dan server.


Sebelumnya apakah kalian sudah mengetahui Software Cicso Packet Tracer? Cisco Packet Tracer adalah software simulator alat alat jaringan Cisco yang digunakan sebagai media pembelajaran pelatihan mengenai simulasi jaringan komputer. Software ini dibuat oleh Cicso System yang bebas di unduh oleh semua orang yang ingin belajar mengenai prinsip Jaringan Komputer dan menbangun skill dalam menggunakan alat-alat Cisco.



Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Topologi Bus :


Kelebihan :

1. Tidak perlu adanya pengendali pusat.
2. Biaya untuk pembuatan Topologi Bus relatif murah,karena tidak memerlukan banyak kabel.
3. Kecepatan pengiriman data cukup tinggi.
4. Dapat menambahkan perangkat tanpa mengganggu jaringan perangkat yang lain.
5. Memiliki tampilan yang sangat sederhana.
6. Jika terjadi kerusakan di salah satu perangkat komputer tidak akan menganggu perangkat lain.

Kekurangan :

1. Jika kabel pusat rusak dapat terjadinya kelumpuhan jaringan.
2. Perlu adanya repeater untuk memperkuat jaringan.
3. Biasanya akan tejadi tabrakan dalam pengiriman data.
4. Apabila terjadi gangguan di salah satu komputer, biasanya akan sulit untuk mendeteksinya.
5. Jika salah satu komputer memerlukan akses data yang sangat tinggi, maka yang komputer lain akan mengalami penurunan kecepatan.

Setelah kalian mengetahui Pengertian,kelebihan dan kekurangannya. Sekarang kita akan membuat Topologi Bus menggunakan Cisco Packet Tracer. Langsung saja simak baik-baik :

1. Kalian buka software Cisco Packet Tracer. Tampilan awal akan terlihat seperti pada gambar




Tampilan-Awal-Cicso-Packet-Tracer


2. Untuk pembuatan Topologi Bus, kalian harus menyiapkan PC / Laptop ,Server dan Switch. Di bagian bawah kiri terlihat ada gambar PC, klik pada bagian tersebut kemudian drag ke tengah-tengah.



Cara-Mengambil-PC-di-Cisco-Packet-Tracer


3. Untuk menambahkan Switch kalian cari di bagian kiri terlihat pada gambar, ada yang diberi kotak merah kalian dapat memilih menggunakan Switch klik pada bagian itu. Kemudian drag gambar Switch ke tengah-tengah.



Cara-Menambahkan-Switch-Di-Cisco-Packet-Tracer



4. Untuk menambahkan Server kalian dapat mencari dibagian untuk membawa  PC / Laptop. Contohnya kalian dapat lihat di gambar ini.


Cara-Menambahkan-Server-Di-Cisco-Packet-Tracer


5. Jangan lupa untuk menghubungkan antara Server, PC / Laptop dengan Switch menggunakan kabel straight dan untuk menghubungkan switch dengan switch menggunakan kabel cross. Untuk contoh kabelnya dapat kalian lihat gambar di bawah ini







6. Selanjutnya, kita ambil 1 server, 6 pc ,6 laptop dan 6 switch . Untuk penempatannya seperti pada gambar.



Tampilan-Topologi-Bus-Tanpa-Kabel


7. Hasilnya akan seperti, setelah itu lanjut untuk pemberian IP di masing-masing komputer agar bisa terhubung satu sama lain. Saya akan menggunakan ( IP 192.168.40.1 - 192.168.40.13 ).



Tampilan-Topologi-Bus-Dengan-Kabel



8. Untuk masuk ke pengaturan ini kalian klik pada bagian PC, kemudian dibagian menu ada tulisan dekstop lalu klik di bilah kiri IP Configuration maka kalian akan masuk ke format ini. Kalian harus mengatur IP Configuration untuk Server. Kalian dapat mencontohnya di bawah ini.


Konfigurasi-IP-Server

9. Lanjut Pemberian IP untuk Client, kalian dapat mencotohnya dibawah. Lakukan untuk PC / Laptop lainnya.



Konfigurasi-IP-Client


10. Setelah pemberian IP pada komputer selesai, kalian harus mengecek terlebih dahulu apakah berhasil atau tidak, kalian dapat mengeceknya di Command Prompt yang sudah disediakan di Software Cisco Packet Tracernya. Lakukan pengecekan dari Server ke Client dengan meggunakan Server untuk melakukan pengecekan apakah terhubung dengan client.



Ping-Server-ke-Client


11. Terkahir, pengecekan dari client ke client.


Ping-Client-ke-Client



Penutup


Cicso Packet Tracer sangat mudah untuk digunakan bukan? kalian dapat terus berlatih mengenai Jaringan Komputer dan belajar menggunakan alat-alat Cisco lainnya. Selanjutnya saya akan membagikan Cara Membuat Topologi Mesh Menggunakan Cisco Packet Tracer. Terimakasih sudah berkunjung ke Pemulakuy, apabila artikel ini bermanfaat kalian dapat share di bawah.



Wassaalamualaikum

Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2019 Pemulakuy.com - All Rights Reserved