Pengertian Motherboard , Fungsi , Komponen dan Jenis-Jenis Motherboard

Sunday, March 10, 2019 : 3/10/2019

0 komentar

Pengertian , Fungsi , Komponen , Dan Jenis-Jenis Motherboard

Apa itu Motherboard - Dari berbagai komponen penyusun komputer, motherboard merupakan salah satu komponen paling penting yang wajib ada di setiap perangkat komputer. Tanpa adanya komponen motherboard, komputer tidak akan berjalan sama sekali. Karena motherboard penghubung antara komponen-komponen komputer diantaranya, Processor , RAM  , Harddisk , Power Supply , VGA dan komponen lainnya. Oleh karena itu Pemulakuy akan membahas mengenai Pengertian , Funsgi , Komponen , dan Jenis dari Motherboard.




Pengertian Motherboard


Motherboard ( Mainboard , Mobo , Systemboard ) adalah papan sirkuit PCB ( Printed Sicrcuit Board ) yang memiliki peranan penting dalam sebuah komputer yaitu untuk menghubungkan seluruh komponen yang ada agar bisa saling terhubung satu sama lain.

Dengan adanya Motherboard ini seluruh peripheral komputer dapat terpasang dalam saling berkomunikasi menjadi sebuah sistem komputer yang utuh . Pada Motherboard sudah terpasang chip BIOS yang digunakan sebagai program penggerak untuk mengatur perangkat ekstenal yang akan dipasang dalam sebuah komputer.

Fungsi Motherboard


Motherboard memiliki fungsi sebagai tulang punggung sebuah komputer yakni menghungkan seluruh komponen penyusun komputer agar saling berkomunikasi menjadi sebuah sistem komputer yang utuh. Selain itu , di dalam Motherboard sudah terpasang Firmware yang berfungsi untuk memberikan perintah kepada perangkat keras ( Hardware ) agar bisa beroperasi.

Komponen - Komponen Motherboard


Komponen-Komponen Komputer Lengkap


Setelah kalian mengetahui pengertian dan fungsi dari motherboard, selanjutnya kita akan membahas komponen-komponen dari motherboard.

Socket Processor 


Socket proceesor digunakan untuk menempatkan sebuah processor, kalau diperhatikan secara seksama terlihat ada 4 lubang yang digunakan untuk menyimpat heatsink yang berfungsi untuk menghantarkan panas keluar dari processor.

Sebelum kalian membeli sebuah motherboard, kalian harus memikirkan terlebih dahulu processor apa yang akan kalian gunakan. Karena socket pada motherboard tidak bisa di pasang untuk berbagai jenis processor. Oleh karena itu kalian harus bisa memilih agar tidak terjadi kesalahan dalam pembelian processor.

Slot RAM ( Random Access Memory )


Slot RAM biasanya bersebelah dengan socket processor, bentuknya yang memanjang dan memiliki pengunci di ujungnya. Biasanya  jumlah slotnya lebih dari satu slot dan slot tersebut tidak bisa digunakan untuk jenis ram yang sama.

RAM sendiri memiliki banyak jenis diantara DRAM , SDRAM , RDRAM , SRAM , EDORAM , DDR , DDR2 , DDR3 , DDR4. Setiap jenis ram memiliki slotnya masing-masing. Jadi kalian harus memperhatikan slot RAM pada motherboard yang kalian gunakan  agar tidak salah dalam membeli RAM.

North Bridge


North bridge berfungsi untuk menghubungkan komponen utama komputer seperti processor , ram , dan saluran utama komputer agar bisa saling terhubung satu sama lain.

South Bridge


South bridge berfungsi untuk menghubungkan komponen utama dengan komponen tambahan seperti wireless card , sound card , lan card , dan lain-lain.

Port IDE ( Integrated Development Environment )


 Port IDE adalah antarmuka atau penghubung media penyimpanan pada generasi sebelum SATA Bentuknya agak memanjang dan memiliki kaki 40 pin kaki untuk menancapkan kabel IDE yang terhubung ke Harddisk generasi lama dan CD - ROM.

Port SATA ( Serial Advanced Tecnology Attachment ) 


Port SATA adalah antarmuka atau penghubung media penyimpanan generasi terbaru. Ukuran port SATA mirip dengan port USB jadi tidak terlalu memakan banyak tempat. Jika kalian ingin membeli motherboard usahakan kalian memilih yang ada Port SATAnya karena harddisk jaman sekarang sudah menggunakan jenis SATA.


Slot AGP ( Accelerated Graphics Port )


Slot AGP merupakan slot khusus yang digunakan untuk memasang kartu VGA  ( Video Graphics Adapter ) pada motherboard generasi lama sebelumnnya adanya PCI Express.

Slot PCI Express x16 ( Peripheral Component Imterconnect )


Slot PCI Express x16 merupakan slot khusus yang digunakan untuk memasang VGA ( Video Graphics Adapter ) pada motherboard generasi terbaru yang sudah menggantikan AGP.

Slot PCI Express  ( Peripheral Component Imterconnect )


Slot PCI Express x1 merupakan slot yang digunakan untuk menambahkan peripheral seperti lan card , wireless card , sound card dan komponen peripheral lainnya.

Port I / O ( Back Panel )


Port I / O merupakan bagian yang komponen motherboard yang akan berinterkasi langsung dengan pengguna. Di dalam Port I / O ( Back Panel ) terdiri dari Port USB , Port PS2 , Port Serial , Port VGA, Port LAN.

Pin Front Panel


Pin Front Panel bentuknya seperti jarum yang digunakan untuk tombol power , tombol restart , led power dan led harddisk.

BIOS ( Basic Input Output System )


BIOS ( Basic Input Output System ) merupakan chip yang sudah terdapat program yang di berfungsi untuk mengontrol seluruh perangkat keras ( hardware ) yang terpasang dalam komputer. BIOS juga bertanggung jawab atas kesiapan seluruh komponen hardware komputer pada saat booting dilakukan.

Namun pada saat ini , BIOS sudah digantikan dengan teknologi yang lebih canggih yakni UEFI ( Unified Extensible Firmware Interface ).

Battery CMOS ( Complimentary Metal Oxide Semiconduktor )


Pada gambar diatas terdapat battery CMOS yang bersebelahan dengan Slot AGP yang berbentuk lingkaran kecil. Battery CMOS memiliki fungsi untuk memberikan daya kepada BIOS dan menyimpan seluruh konfigurasi pada BIOS. Apabila battery CMOS dilepas seluruh konfigurasi pada BIOS akan menjadi default / setelan awal.


16 Pin Power Konektor (  Power Supply Unit )


16 Pin Power Konektor memiliki fungsi untuk memberi daya kepada seluruh komponen pada motherboard. Connector ini menghubungkan Power supply ke motherboard.

4 Pin Power Konektor ( Power Supply Unit )


4 Pin Power Konektor mimeliki fungsi untuk memberikan daya khusus kepada processor. Biasanya posisi pin ini selalu dekat dengan processor.

Jenis Jenis Motherboard


Jenis-jenis motherboard yang kalian harus ketahui diantaranya sebagai berikut :

Motheboard AT ( Advanced Technology )


Motherboard AT merupakan jenis motherboard yang pertama kali diperkenalkan oleh IBM ( International Business Machines ) pada tahun 1980-an dan di produksi massal tidak lama setelahnya. Karena Motherboard AT ini merupakan motherboard generasi pertama banyak sekali kekurangan diantaranya bentuk fisik motherboard yang sangat besar , mudah cepat panas , dan sulit sekali untuk melakukan instalasi dikarenakan jarak antar komponen terlalu dekat. Motherboard ini sudah jarang digunakan bahkan tidak ada.

Motherboard ATX ( Advanced Technology Extended )


Motherboard ATX merupakan jenis motherboard yang akan menggatikan peran motherboard AT yang merupakan generasi sebelumnnya. Motherboard ATX diperkenalkan pada tahun 1990-an.
Kelebihan dari motherboard ATx ini bentuk fisik motherboard sudah sedikit mengecil dan jarak antar komponen  sudah sedikit menjauh jadi lebih mudah untuk melakukan instalasi. Sampai saat ini Motherboard ATX masih digunakan. Pada Motherboard ATX memiliki beberapa jenis diantaranya Standar ATX , Micro ATX , Flex ATX , Mini-ATX.

Motherboard LPX ( Low Profile Extended )


Motherboard LPX diciptakan pada tahun 1990-an. Motherboard ini digunakan pada casing Slimline dan Low Profile. Pembuatan motherboard ini bertujuan untuk mengurangi penggunaan ruang dan biaya. Namun motherboard ini tidak efektif untuk digunakan.

Motherboard Micro-ATX ( Advanced Technology Extended )


Motherboard Micro-ATX memiliki peran yang sama seperti Motherboard ATX namun yang membedakkan hanya dalam segi bentuk yang lebih kecil dan pengurangan slot I / O.

Motheboard BTX (Balanced Technology Extended )


Motherboard BTX merupakan motherboard yang diciptakan untuk mengurangi penggunaan daya dan panas yang berlebihan pada sebuah komputer. Desain yang digunakan dalam pembuatan motherboard BTX tidak mengikuti desain pada motherboard-motherboard sebelumnya. Namun motherboard BTX tidak bergitu populer dan masih jarang digunakan dalam sebuah perangkat komputer.

Motherboard  Mini-ITX ( Information Technology Extended )


Motherboard Mini-ITX merupakan motherboard yang diciptakan pada tahun 2001-an oleh  VIA Technologies yang dirancang dengan ramah daya yang memiliki ukuran 17 x 17 cm. Karena motherboard jenis ini mengonsumsi daya yang kecil maka tidak menimbulkan panas yang berlebih.

Penutup


Nah bagaimana materi pembahas mengenai Motherboard diatas? Dari pengertian , fungsi , komponen , dan jenis-jenisnya saya sudah jelaskan dengan ringkas. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Terimakasih telah berkunjung ke Pemulakuy, apabila artikel ini bermanfaat kalian dapat share.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2019 Pemulakuy.com - All Rights Reserved