Tutorial Rumus Lightroom Blue Tone (Tokyo), Biar Foto Kamu Makin Keren

Saturday, June 29, 2019 : 6/29/2019

0 komentar


Tutorial Rumus Lightroom Blue Tone - Dengan menggunakan preset Lightroom Blue Tone (Tokyo), foto kamu keliatan makin keren dan kekinian. Dengan teknologi yang serba canggih ini, kalian bisa dengan mudahnya mengedit foto agar lebih menarik untuk dilihat. Blue Tone ini akan saya bahas secara ringkas dan mudah dipahami bagi para pemula pencinta lightroom.

Tapi, apakah kalian sudah apa itu Blue Tone ? Blue Tone pada umumnya identik dengan variasi warna biru yang dipadukan dengan pengaturan kontras, exposure, highlight, shadow dan pengaturan lain yang tepat agar hasil maksimal juga bisa mencapai ekspetasi kalian.

Bicara tentang lightroom, ada 2 versi lightroom yang bisa kalian gunakan yakni Lightroom CC atau Lightroom CS. Lightroom juga bisa kalian temukan di Dekstop atau Mobile. Namun pada tutorial ini saya akan menggunakan aplikasi Lightroom Mobile CC.

Rumus Blue Tone (Tokyo) ini bisa kalian dapatkan secara gratis beserta presetnya. Pemulakuy akan terus mengupdate artikel tentang Rumus Lightroom yang keren dan kekinian. Jadi jangan sampai ketinggalan artikel terbaru mengenai Lightroom dari Pemulakuy.


Oh iya, versi Lightroom Mobile CC yang saya gunakan yakni versi 4.1.1 Bukan Mod. Jadi ada beberapa fitur premium yang berbayar, tapi kalian jangan khawatir karena tutorial ini semuanya menggunakan alat - alat yang gratis dari Lightroomnya. Meskipun menggunakan alat - alat yang gratis, namun hasilnya pasti akan mencapai ekspetasi kalian kok. Nah, pasti kalian penasarankan dengan rumus lightroomnya? langsung saja kuy ke pembahasannya, berikut ulasannya.




Tutorial Rumus Lightroom Blue Tone (Tokyo)


Sebelum memulai tutorial Lightroom, ada beberapa hal yang harus saya sampaikan. Tutorial ini hanya sebagai contoh preset blue tone, karena setiap foto yang akan diberi preset blue tone dari tutorial ini hasilnya pasti akan berbeda - beda. 

Hal ini dipengaruhi dari exposure, highlight, kontras, saturasi dari foto kalian. Agar hasilnya bisa lebih memuaskan, sesuikan settingan dengan foto bawaan kalian. Contoh, jika foto bawaan sudah terlihat terang, jangan terlalu berlebihan menggunakan exposure agar hasilnya tidak over.

Tutorial Lightroom ini saya fokuskan untuk pengguna Lightroom Mobile, karena lebih mudah untuk digunakan. Pastikan kalian telah mendownload aplikasi Lightroom mobilenya, untuk versinya terserah kalian. Karena fitur untuk versi lama dengan versi baru tidak begitu jauh berbeda. Namun alangkah baiknya kalian gunakan Versi terbaru dari aplikasi Lightroom Mobile.

Rumus Lightroom Blue Tone (Tokyo) 


LIGHT

Exposure : - 0,24EV
Contrast : 16
Highlight : 24
Shadow : 50
Whites : -21
Black : 49


COLOR

Temp : -28
Tint : 16
Vibrance : 29
Saturation : 11


COLOR MIX

Blue 

Hue : 20
Saturation : 10
Luminance: -11

Red

Hue : -16
Saturation : 20


EFFECTS

Clarity : 20
Dehaze : 10


SPLIT TONE

Highlights

Hue : 220
Saturation : 49

Balance : 4


DETAIL

Sharpening : 40
Radius : 1,00
Detail : 25

Pengaturan temperature harus disesuaikan dengan keadaan foto, apakah foto terlihat lebih hangat atau dingin. Karena foto yang saya gunakan terlihat hangat, jadi temperature harus diturunkan ke -28 agar hasilnya terlihat lebih dingin. Pengaturan preset blue tone ini hanya sebagai panduan dasar saja, kalian bisa mengkreasikan lebih dari ini. Karena pada dasarnya setiap foto memiliki suasana yang berbeda.

Kalian juga harus mengetahui setiap jenis komponen yang ada pada lightroo mobile. Karena semuanya merupakan bekal dasar editing kalian menggunakan aplikasi Lightroom. Jika sudah memahami hal tersebut, saya yakin akan hasilnya pun pasti melebihi ekspetasi kalian.

Foto Original

Foto Original

Foto setelah diedit menggunakan preset Blue Tone

Setelah diedit menggunakan Preset Blue Tone

Saya tekankan lagi ya, bahwa preset ini hanya sebagai panduan dasar saja, bukan untuk dijadikan acuan dalam pembuatan Preset Blue Tone. Karena setiap foto hasilnya pasti akan berbeda jika menggunakan preset blue tone yang sama.


Setelah membaca artikel ini pastinya kalian akan lebih mudah dalam membuat preset di Lighrom karena sudah mengetahui dasar - dasarnya dan bisa dikreasikan lebih jauh lagi. Jika kalian masih bingun bisa tonton tutorial rumus lightroom blue tone dibawah ini




Demikian ulasan mengenai Tutorial Rumus Lightroom Blue Tone (Tokyo), apabila artikel ini bermanfaat kalian bisa share di facebook, atau ke teman kalian dan jangan lupa untuk berkunjung ke Pemulakuy untuk mendapatkan update-an terbaru mengenai Lightroom selanjutnya.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2019 Pemulakuy.com - All Rights Reserved