Pupuh Maskumambang - Sekar Alit | Pupuh Sunda

Wednesday, August 21, 2019 : 8/21/2019

0 komentar

Pupuh Maskumambang - Perihal budaya dan adat istiadat di Indonesia sudah menjadi hal yang tidak asing, kenapa tidak? karena Indonesia memiliki beragam budaya dan adat istiadat yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dan masing - masing memiliki ciri khas yang berbeda - beda. Baik dari cara hidup, bahasa, serta karya sastranya.

Pupuh Maskumambang - Sekar Alit | Pupuh Sunda
Dari sekian banyak suku di Indonesia, terdapat suku Sunda yang memiliki karya sastra cukup terkenal yakni Pupuh. Pada artikel sebelumnnya Pemulakuy sudah membahas tentang Pupuh Mijil - Sekar Alit yang memiliki watak / perasaan susah, sedih, dan cilaka.

Pupuh merupakan karya sastra tradisional Sunda yang menggabungkan 2 aspek yakni seni sastra dan lagu sunda yang didalamnya terdapat rima serta jumlah suku kata yang membentuk sebuah pola pada setiap barisnya.

Terdapat 17 Pupuh yang harus dipelajari dan terbagi menjadi 2 jenis yakni Sekar Ageung dan Sekar Alit. Sekar Ageung terdiri dari 4 pupuh dan Sekar Alit terdiri dari 13 pupuh. Masing - masing memiliki watak / perasaan, guru wilangan, guru lagu dan padalisan yang berbeda - beda. Inilah yang menjadi keunikan dari Pupuh.

Jika kalian baru pertama kali mempelajari pupuh, ada baiknya mengetahui beberapa hal ini  :

  • Pada adalah jumlah bait dalam pupuh.
  • Padalisan adalah banyak jumlah baris atau larik yang terdapat dalam satu bait pupuh (pada).
  • Guru Wilangan adalah jumlah suku kata disetiap padalisan (baris).
  • Guru Lagu adalah suara vokal huruf diakhir disetiap barisnya (padalisan).

Pupuh Maskumambang


Pupuh Maskumbang merupakan pupuh yang memiliki watak / perasaan prihatin dan nalangsa. Setiap pada (bait) dari Pupuh Maskumambang memiliki 4 padalisan (baris) yang memiliki bentuk guru wilangan dan guru lagu  12 i, 6 a , 8 i, dan 8 a. 

Pupuh Maskumambang



Duh ma nu sa ma na  teung teu ing eun teu ing (12 i)

12 adalah jumlah guru wilangan dan i adalah guru lagu

Nyang sa ra po ha ra (6 a)

6 adalah jumlah guru wilangan dan a adalah guru lagu

Na ha na on do sa ku ring (8 i)

8 adalah jumlah guru wilangan dan i adalah guru lagu

Anu ma tak di ku ru ngan (8 a)

8 adalah jumlah guru wilangan dan a adalah guru lagu


Penutup

Pupuh merupakan karya sastra Sunda yang sangat berharga dan harus dilestarikan keberadaannya agar penerus kita nanti bisa mengetahui bahwa Indonesia memiliki beragam karya sastra yang khas. Terdapat 17 Pupuh yang harus dipelajari dan masing - masing memiliki watak / perasaan, guru wilangan, guru lagu, dan padalisan yang berbeda - beda.

Artikel selanjutnya akan membahas tentang Pupuh Magatru - Sekar Alit yang memiliki watak / perasaan piwuruk, kalucuan, dan prihatin. Terimakasih telah berkunjung ke Pemulakuy.
Share this Article
< Previous Article
Next Article >

0 komentar :

Copyright © 2019 Pemulakuy.com - All Rights Reserved